No Way Back
By Iskandarsyah Madjid On 23 Jun, 2012 At 12:18 PM | Categorized As Link Bisnis | With 0 Comments

Banyak tulisan yang menkonfirmasi bahwa suatu negara akan mencapai kemakmuran apabila jumlah pengusahanya minimal dua persen dari total jumlah penduduknya. Hal ini bukanlah hal aneh karena sebenarnya sudah pernah dinyatakan oleh Rsulullah dalam sebuah hadisnya ” sembilan dari sepuluh rezeki datangnya dari berusaha” dan tidak hanya itu Rasulullah juga mencontohkannya.

Wirausaha disadari pemerintah merupakan faktor yang amat penting dalam persaingan global dewasa ini yang tertuang dalam berbagai program seperti program mahasiswa wirausaha, program sarjana wirausaha juga pihak BUMN juga ikut serta menumbuhkan semangat wirausaha di Indonesia seperti program wirausaha mandiri dari bank mandiri.

Menurut hemat penulis kerja kerja ini belum cukup, masih perlu usaha yang sangat keras dari semua pihak untuk mewujudkannya. terinspirasi dari Muhaimin Iqbal dalam bukunya “kambing putih bukan kambing hitam” yang menceritaan tentang panglima perang Thariq bin Ziyad yang berhasil mengalahkan spanyol dengan membakar kapalnya, padahal dari segi jumlah pasukan jauh kalah dengan pasukan spanyol yang dipimpin oleh raja Roderick.  Metode ini ditiru oleh Hernando Cortez dalam menaklukan bangsa Aztecs dengan membakar kesebelas kapalnya.

Mereka berdua ternyata menciptakan “No Way Back” yang menimbulkan semangat melawan atau mati. Semagat ini tidak bangkit dari pendidikan wirausaha apabila kondisi-kondisi jalan balik masih terus ada sehingga kemungkinan menciptakan para pengusaha sukses akan menghadapi jalan buntu. Banya program program pendidikan wirausaha selalu ada jalan baliknya seperti halnya program mahasiswa wirausaha yang memberikan dana hibah dimana tidak adak tangungg jawab apa apa dari sipenerima dana hibah tersebut kalau dia menghadapi kerugian, sehiggga tidak ada semangat yang diciptakan Panglima perang tersebut.

Tidak hanya metode program saja yang menghambat timbulnya semangat untuk benar benar menjadi pengusaha juga faktor stake holder lainnya seperti pemerintah, masyarakat, orang tua dan lain lain yang ikut serta memperlambat proses pembentukan jiwa wirausaha.

Ciptakan “No Way Back” InsyaAllah mereka akan jadi pengusaha sukses.

comment closed